Wednesday, August 22, 2018

5 Fakta 'Mengerikan' Kekuatan Tempur Korea Utara



1. Kekuatan Militer Raksasa

Korea Utara diduga memiliki 1,2 juta anggota aktif militer. Angka itu setara dengan 47,8 anggota militer untuk setiap 1.000 penduduk.
Dengan demikian, angka per kapita itu menjadi tertinggi sedunia dan 10 kali lebih besar dari Amerika Serikat (AS).
Selain anggota aktif, ada 1,5 hingga 6 juta pasukan cadangan terlatih, termasuk para anggota Milisi Pekerja dan Kaum Jelata. Demikian juga dengan adanya wajib militer, baik untuk pria dan wanita.
Wajib militer selama 10 tahun diterapkan pada kaum pria berusia di atas 18 tahun.
Di masa lalu, wajib militer berlaku selama 13 tahun. Anggota wajib militer biasanya menjadi anggota infanteri garis depan walaupun tanpa pelatihan, perlengkapan, dan pangan yang memadai.

2. Senjata Nuklir

Korea Utara ketahuan telah melakukan 4 kali uji senjata nuklir, ditambah lagi bukti untuk setidaknya 2 percobaan lain. Tapi, tidak ada yang mengetahui dengan pasti jumlah senjata nuklir yang mereka miliki, yang diduga antara 15 hingga 20 hulu ledak.
Hanya 12 senjata nuklir yang diduga bisa dipakai dan sebagian di antaranya diduga sebagai bahan "bom kotor."
Tidak jelas bagaimana cara peluncurannya, karena rudal berdaya jelajah terjauh Korea Utara -- yang diklaim menjangkau hingga Seoul, Tokyo, dan Bangkok -- belum lolos uji.
Keberadaan senjata nuklir Korea Utara diduga lebih sebagai pengaman bagi kekuasaan Kim dan keperluan propaganda.
Seperti dijelaskan Kenji Fujimoto, koki sushi Jepang pelayan pribadi Kim yang kemudian membelot, Kim Jong-un tidak berniat memulai perang dengan AS ataupun Korea Selatan.
Peluncuran rudal dilakukan ketika ia geram terkait sanksi atau tuduhan kepadanya.


3. Ancam 'Seoul Lautan Api'

Salah satu klaim paling mengerikan oleh Korea Utara adalah sesumbar tentang kemampuan menjadikan Korea Selatan sebagai lautan api dan banyaknya artileri terarah yang dapat menghancurkan Seoul hingga rata dengan tanah.
Korea Utara memang memiliki sekitar 700 perangkat artileri dan peluncur roket mengarah ke Seoul dan serbuan awal diperkirakan bisa menewaskan ribuan orang. Tapi, sekitar seperempat peluru meriam mereka diduga mandul.


4. Komando Pasukan Khusus
Korea Utara memiliki kesatuan pasukan khusus yang besar dan sangat mumpuni, dikenal sebagai Pasukan Operasi Khusus Korea Utara dan bertanggungjawab atas beberapa upaya infiltrasi ke Korea Selatan, misalnya melalui terowongan bawah tanah di perbatasan dan upaya gagal pembunuhan presiden Korea Selatan pada 1968.

Sementara itu, kemampuan peretasan oleh Korea Utara menjadi terkenal di dunia setelah serangan terhadap perusahaan Sony pada 2014.
Kesatuan yang disebut Biro 121 itu telah meretas puluhan ribu komputer di Korea Selatan, termasuk komputer milik bank, organisasi pemerintah, dan bahkan kantor presiden.
Korea Utara juga memiliki kesatuan-kesatuan peretasan yang berkedudukan di China.

5. Senjata Terlarang

PBB telah melarang senjata-senjata laser yang membutakan, tapi Korea Utara masih menyimpan beberapa di antaranya.
Sebelumnya China telah menghasilkan sekitar 20-an laser ZM-87 yang membutakan, tapi kemudian menghentikan program mereka.
Korea Utara memiliki beberapa dan kemungkinan besar dipakai menghadapi pesawat-pesawat terbang AS.

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...