Sunday, August 19, 2018

5 Fakta Turki ini Akan Membuatmu Takjub dan Pengen Mampir

Image result for turki1. Turki Memiliki Pasar Tertua dan Terbesar di Dunia



Pasar sudah pasti jadi tempat yang dikunjungi ketika mampir ke sebuah negara. Entah untuk melihat aktivitas masyarakat setempat atau mungkin berburu oleh-oleh. Soal pasar, di Turki ada sebuah pasar yang luar biasa dan ikonik serta sudah terkenal seantero dunia. Nama tempat ini adalah Grand Bazaar.
Ketika ada di tempat ini, ajaklah seseorang karena kamu mungkin akan tersesat takkan bisa pulang. Serius, pasar ini luasnya berhektar-hektar dengan lorong-lorong yang sangat membingungkan. Ada sekitar 3000an toko di sini yang masing-masing menjual pernik khas Turki. Pasar ini konon sudah ada sejak tahun 1455 dan dibangun tak lama setelah Ottoman menguasai Konstantinopel.

2. Santa Claus Ternyata Lahir di Tanah Turki

Sekitar 99 persen penduduk Turki itu Muslim, namun siapa sangka negara ini jadi tempat yang sangat ikonik dengan umat Kristiani. Ya, beberapa daerah di Turki yang konon menjadi tempat-tempat penting bagi perjalanan umat Kristen. Salah satunya adalah Patara di mana dikatakan ini merupakan tempat lahirnya Saint Nicholas alias Santa Claus.

3. Pemilik Asli Tulip Bukan Belanda, Tapi Turki

Tulip selama ini selalu diidentikkan dengan Belanda. Orang-orang menganggap jika negeri Oranje itu yang pertama kali menemukannya lalu dijadikan semacam ikon negara. Bukan, ternyata bukan Belanda yang lebih dulu menemukan Tulip, melainkan Dinasti Ottoman.

4. Kapal Nabi Nuh Diduga Ditemukan di Turki

Tak hanya Islam, umat Yahudi dan Kristen juga percaya akan kisah Nabi Nuh dan bahtera raksasanya. Diceritakan jika dunia pernah mengalami banjir raksasa dan Nabi Nuh diberi wahyu untuk membuat sebuah kapal besar. Bertahun-bertahun peneliti mencari bukti kapal besar ini, hingga akhirnya mereka mendapati jejak kapal ini di Gunung Ararat, Turki.

5. Tradisi Menyambut Tamu di Turki Bikin Bahagia

Terlepas dari segala tempat atau temuan unik di Turki, hal yang justru membuat negara ini keren adalah kebiasaan penduduknya yang unik dan menyenangkan. Misalnya saja adat menyambut tamu. Percaya atau tidak, ketika mendatangi sebuah rumah di sana, padahal kita tak kenal dengan penghuninya, kita justru akan dilayani dengan baik.

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...