Wednesday, September 26, 2018

5 Fakta Menarik di Balik Keluarga Penulis 'Crazy Rich Asians'

5 Fakta Menarik di Balik Keluarga Penulis Crazy Rich Asians
1. Sejarah Leluhur Kevin Kwan

Seperti dilansir dari Town & Country, sejarah leluhur Kevin Kwan merupakan salah satu keluarga yang mendirikan Singapura. Akar sejarahnya berasal dari tahun 946. Kevin Kwan menuliskan sejarah keluarga yang menginspirasi lahirnya novel 'Crazy Rich Asians.

"Tiga keluarga yang menikah: milik saya Kwan, nenekku Oh, dan kakek saya Hu. Ketiga keluarga ini yang mengilhami kisah-kisah dalam novel saya dan yang Anda lihat dalam layar lebar," tulis Kevin Kwan.

2. Kakek Buyut Pendiri OCBC Bank

Percaya atau tidak, kakek buyut dari Kevin Kwan adalah pendiri sekaligus Direktur dari Oversea-Chinese Banking Corporation (OCBC) Bank, bank tertua di Singapura. Didirikan pada 1932, OCBC berhasil melahirkan tiga bank lainnya yakni Chinese Commercial Bank, Ho Hong Bank, dan Oversea-Chinese Bank.

3. Keluarga Kevin Kwan Berpendidikan Inggris

Kevin Kwan menuliskan selama masa kakek-neneknya di tahun 1920-an, seperti kebanyakan keluarga elite Cina berpendidikan Inggris dan meniru sikap orang-orang Inggris.

"Sebagai seorang anak, saya tidak menyadari saya adalah orang Tionghoa. Saya orang Singapura tapi identitas saya terbungkus dalam budaya yang saya alami setiap hari. Misalnya, saya tidak tahu bahasa Mandarin, orang tua saya juga tidak tahu. Saya tumbuh dengan aksen Inggris yang mewah, semua bibi saya seolah-olah mereka keluar dari film Mechant Ivory," tulis Kevin Kwan.

4. Bibi dan Paman Tinggal di Istana Kesultanan Johor

Salah satu bibi Kevin Kwan, Margaret Kwan dan suaminya Dr Hu Tsai Kuen, tinggal di salah satu rumah termegah di Singapura. Perkebunan dan kediaman tersebut sebelumnya milik Sultan Johor.

"Ada gagasan orang Asia yang tinggal di rumah dengan banyak barang antik dan rumah yang mewah, mencerminkan ketinggian mode," tulis Kevin Kwan.

5. Paman Kevin Kwan, Orang yang Turut Merumuskan Resep Tiger Balm

Tahu balsem dengan merk Tiger Blam? Balsem yang ada di setiap rumah tangga Asia, salah satu penemuanya adalah keluarga Kevin Kwan. Beberapa mungkin saja tahu pendirinya adalah saudara Aw Boon Haw dan Aw Boon Par, yang meresepkan balsem lewat resep ayahnya di tahun 1924.

Namun tidak ada yang tahu kalau ternyata paman Kwan, Tsai Kuen, adalah orang yang turut membantu dari proses sehingga resep tersebut berhasil. Bahkan menemukan formula yang tepat untuk Tiger Balm.RupiahQq

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...