Sunday, September 9, 2018

20 Fakta Menarik dan Mengejutkan Tentang Jack Ma

1. Ia beberapa kali pernah gagal ujian sekolah. Ia gagal ujian penting di Sekolah Dasar dua kali, gagal ujian di Sekolah Menengah Pertama tiga kali, dan gagal ujian masuk universitas dua kali.

2. Ma mulai belajar bahasa Inggris di usia 12 tahun. Selama beberapa tahun ia menjadi pemandu turis untuk melatih kemampuan bahasa Inggrisnya.

3. Dalam sebuah wawancara di tahun 2015, Ma mengaku ia pernah ditolak masuk Universitas Harvard 10 kali.

4. Setelah lulus dari Hangshou Normal University, Ma mendaftar untuk 30 pekerjaan dan ditolak oleh semuanya. Ia bahkan pernah mendaftar untuk menjadi polisi dan juga gagal

5. Salah satu dari 30 pekerjaan tersebut adalah pekerjaan di KFC. Dari 24 pendaftar, hanya satu orang yang tidak diterima yaitu Ma

6. Karakter fiksi idola Jack Ma adalah Forrest Gump. Ia mengaku telah menonton film tersebut 10 kali dan film tersebut merupakan pelariannya ketika merasa frustrasi

7. Setelah lulus dari Hangzhou Teachers University, Ma merupakan satu dari 500 siswa yang terpilih untuk mengajar bahasa Inggris di Universitas. Saat itu ia digaji USD 12 hingga USD 15.

8. Pada tahun 1995, ketika ia bekerja di Seattle sebagai penerjemah, Ma pertama kali menemukan internet. Pencarian pertamanya lewat Yahoo adalah 'beer'. Saat itu ia tidak menemukan data tentang China, sehingga ia memutuskan untuk meluncurkan situs yang disebut China Pages.

9. Saat bekerja di Amerika Serikat, Ma sempat diculik dan diancam menggunakan senjata oleh seorang pebisnis AS

10. Situs China Pages yang diluncurkan Ma ternyata gagal karena terlalu lambat. Ia akhirnya bergabung dengan China Telecom untuk menjalankan joint venture. Ia menganggap perannya sangat minim di kerjasama ini, dan akhirnya memutuskan untuk keluar

11. Ma meluncurkan Alibaba pada tahun 1999 dengan dana sebesar USD 60.000 yang dikumpulkan dari 18 temannya. Ma mengenalkan Alibaba lewat rapat yang diadakan di apartemennya yang direkam oleh video.

12. Ma mengambil nama Alibaba dari kisah 1001 Malam. Ia terinspirasi dengan tokoh Ali Baba, seorang tukang kayu yang memperoleh harta karun berlimpah.

13. Setelah berdirinya Alibaba pun, Ma dan timnya masih menghadapi tantangan. Pada akhir tahun 2002, Alibaba bahkan hanya mendapatkan keuntungan sebesar USD 1. Tapi kekurangan dana dan sumber daya justru membuat ia dan timnya menjadi semakin giat dalam  mengembangkan Alibaba.

14. Ketika go public pada tahun 2014, initial public offering (IPO) Alibaba mencapai USD 25 miliar dan merupakan nilai IPO terbesar dalam sejarah, mengalahkan Facebook dan Visa

15. Tapi Ma justru berharap Alibaba tetap menjadi perusahaan privat. Dalam wawancara di tahun 2015, Ma mengaku menjadi perusahaan publik mengakibatkan perusahaannya terus diperhatikan oleh investor, regulator dan media.

16. Walaupun merupakan pendiri salah satu perusahaan teknologi raksasa, Ma mengaku gaptek. Ia mengaku hanya menggunakan komputer untuk mengirimkan email dan browsing internet

17. Ma senang tampil di publik. Pada acara ulang tahun ke-10 Alibaba, ia menggunakan wig pirang dan menampilkan The Lion King di atas panggung. Ia juga pernah berdandan ala Michael Jackson dan menyanyikan lagu 'Billie Jean'.

18. Ma kadang orang terkaya pertama, kedua atau ketiga di China. Dia berkompetisi dengan Ma Huateng, pemilik Tencent dan Wang Jianlin, taipan properti.

19. Pada tahun 2013, Ma mundur dari jabatannya sebagai CEO Alibaba. Di usia 48 tahun, ia mengaku sudah terlalu tua untuk mengelola perusahaan.

20. Setelah pensiun dari Alibaba, Ma fokus dengan kegiatan sosial. Pada tahun 2014, ia meluncurkan yayasan JackMaFoundation yang fokus pada pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Pada tahun 2015, ia menjadi orang yang paling banyak beramal, setelah mengamalkan USD 2,4 miliar (Rp 35 triliun) melalui yayasannya.

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...