Friday, September 7, 2018

8 Fakta ini akan membuat kamu melihat sejarah dengan cara yang berbeda

1. Jika Marilyn Monroe masih hidup, usianya sama dengan Ratu Elizabeth II
Banyak orang yang beranggapan kalau keduanya berasal dari era yang berbeda. Namun baik Marilyn Monroe maupun Ratu Elizabeth II sebenarnya sama-sama lahir di tahun yang sama, yaitu 1926.

Marilyn dan sang ratu pernah berjumpa saat keduanya menghadiri premier film The Battle of River Plate di Leicester Square, London.

Ratu Elizabeth II adalah kepala negara dan ratu yang memegang kekuasaan terlama di dunia. Di usia 92 tahun, kesehatan sang ratu masih tergolong prima dan dia belum berencana mundur dari tahta. Dengan demikian pewarisnya, Pangeran Charles pun menjadi putra mahkota tertua di dunia.


2. Mamut berbulu masih berjalan di atas bumi saat Piramida tertua Mesir dibangun
Para ilmuwan yakin bahwa mamut (mammoth) berbulu masih berkeliaran di bumi sampai sekitar tahun 1650 SM. Makhluk raksasa itu dapat ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai timur Rusia sampai saat itu.

Sementara itu, struktur batu berskala besar pertama yang dibangun, yaitu Piramida Djoser dibangun antara tahun 2630 SM 2611 SM.

Meskipun identik dengan zaman es, kenyataannya hewan tersebut pernah hidup dalam era yang sama dengan manusia.


3. Kamp maut Auschwitz menerima tahanan pertama beberapa hari setelah restoran pertama McDonalds didirikan
Salah satu jaringan restoran makanan cepat saji terbesar di dunia, McDonald's dikaitkan dengan masa peningkatan kemakmuran di Amerika pada tahun 1950-an. Ini setelah franchise-nya dikembangkan oleh Ray Kroc. Namun restoran pertamanya yang didirikan oleh McDonald bersaudara pertama kali beroperasi pada tanggal 15 Mei 1940.

5 Hari kemudian, para tahanan pertama tiba di kamp konsentrasi Auschwitz yang sekarang masuk wilayah Polandia. Auschwitz dikenal sebagai kamp maut di mana para tawanan Nazi disiksa, dijadikan kelinci percobaan, dan dibantai.



4. Orville Wright Masih Hidup Ketika Hiroshima Dan Nagasaki DibomWright bersaudara merupakan penemu purwarupa pesawat terbang. Sementara Wilbur Wright meninggal pada tahun 1912, Orville Wright masih hidup ketika kendaraan yang dia ciptakan dipakai sebagai alat tempur di Perang Dunia II.

Pada tahun 1945, pesawat Angkatan Udara AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, dua kota di Jepang. Serangan udara tersebut menewaskan sedikitnya 129.000 orang yang sebagian besar warga sipil.

Orville meninggal pada tahun 1948. Sebelum itu dia sempat menyatakan kesedihan atas peristiwa tersebut dalam sebuah wawancara.

"[Saat itu] Kami berani berharap kami telah menemukan sesuatu yang akan membawa perdamaian abadi di bumi. Tapi kami salah ... Tidak, saya tidak punya penyesalan atas andil saya dalam penemuan pesawat terbang, meskipun tidak ada yang lebih menyesal daripada saya atas kerusakan yang disebabkannya."


5. Charlie Chaplin lahir pada tahun yang sama dengan Hitler dan dituduh sebagai simpatisannya
Charlie Chaplin adalah komedian legendaris dalam industri perfilman Amerika Serikat. Tak akan ada yang menyangka kalau namanya bisa dikaitkan dengan Adolf Hitler. Namun pada tahun 1940 Chaplin sempat membintangi The Great Dictator yang dia sutradarai dan produseri sendiri.

The Great Dictator adalah film komedi satir politik Amerika berisi sindiran kontroversial terhadap Adolf Hitler, Benito Mussolini, fasisme, antisemitisme, dan Nazi. Chaplin berperan ganda seorang diktator fasis yang kejam dan tukang cukur Yahudi yang terzalimi.

Secara kebetulan, Chaplin dan Hitler memiliki usia yang sama. Keduanya lahir pada tahun 1889. Juga sama-sama memiliki ciri khas berupa kumis pendek. Sepanjang karirnya, Chaplin kerap dituduh sebagai simpatisan Nazi.


6. Harry Potter And The Deathly Hallows pada musim panas yang sama dengan rilisnya iPhone pertama
Buku ketujuh dalam seri Harry Potter, Harry Potter and The Deathly Hallows dirilis pada tahun 2007. Buku ini mengakhiri seri petualangan Harry Potter yang dimulai dengan rilisnya Harry Potter and The Philosopher Stone pada tahun 1997 dengan penerbitan Harry Potter dan Batu Bertuah.

Buku tersebut diterbitkan pada musim panas, bersamaan dengan musim rilisnya model iPhone pertama oleh Apple.




7. Pangeran William Dan Kate Middleton menikah beberapa hari sebelum Osama bin Laden terbunuh
Royal wedding antara Pangeran William dan Catherine 'Kate' Middleton berlangsung pada tanggal 29 April 2011 di Westminster Abbey, London, Inggris. William berada di urutan kedua dalam suksesi tahta Kerajaan Inggris.

Beberapa hari kemudian, Navy SEAL Amerika Serikat menyerbu kompleks Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan dan berhasil menewaskannya. Operasi tersebut mengakhiri pencarian selama satu dekade terhadap pendiri Al-Qaeda dan buronan internasional nomor satu tersebut.



8. Universitas tertua di dunia sudah beroperasi selama ratusan tahun sebelum Kekaisaran Aztec didirikan
Kekaisaran Aztec yang berawal dari aliansi tiga negara di kawasan Lembah Meksiko berdiri sejak tahun 1428. Peradaban ini dikenal memiliki tradisi yang kaya dan maju dalam bidang arsitektur dan kesenian.

Kebudayaan kuno Aztec hancur ketika pasukan gabungan Spanyol dan penduduk pribumi mengalahkan bangsa Aztec pada tahun 1521.

Uniknya, jauh sebelum Aztec berdiri manusia sudah mengenal yang namanya universitas. Universitas Karueein, institusi pendidikan tertua yang masih ada hingga saat ini sudah berdiri sejak tahun 859 di Fez, Maroko.


No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...