Friday, November 23, 2018

10 Fakta Unik Mata Uang Dolar Amerika

Dollar Us-dollar Funds Finance Bank Note Money
1. Mata uang dolar AS ternyata mempunyai umur
Tergantung dari denominasinya. Dikutip dari percetakan Amerika Serikat atau US Bureau of Engraving
$1   dolar    – 22 bulan
$5   dolar    – 16 bulan
$10  dolar   – 18 bulan
$20  dolar   – 24 bulan
$50  dolar   – 55 bulan
$100 dolar  – 89 bulan
2. All Seing Eye
Gambar mata satu atau ‘all seing eye’ yang berada di atas piramida pada pecahan mata uang dolar AS merupakan sebuah ‘wahyu’ yang dipercayai. Dan hal tersebut bukanlah satu-satunya pilihan yang dianggap memenuhi tema yang diinginkan. Gambaran bangsa Israel di padang gurun juga bisa menjadi sebuah kemungkinan lain.
3. Amerika Serikat pernah memuat satu-satunya wanita di dalam dolar AS.
Martha Washington adalah satu-satunya perempuan yang telah muncul di mata uang AS. Ibu negara dari presiden pertama AS, George Washington tampak pada mata uang pecahan $1 pada tahun 1886 dan 1891.
4. Pecahan Dolar AS terbesar yang pernah dicetak adalah $100.000.
Hal tersebut benar-benar terjadi ketika pada tahun 1934 silam. Akan tetapi, Uang ini hanya digunakan oleh Federal Reserve dan tidak dipublikasikan kepada publik, saat terjadinya pecahan nominal tersebut, AS sedang diimpin oleh Woodrow Wilson, seorang negarawan dan juga politisi yang religius
5. Surprise!! Ternyata uang kertas dolar AS tidak terbuat dari kertas.
Meskipun disebut uang kertas, tetapi ternyata bahan dari uang tersebut yaitu kain linen. Material dari uang tersebut terdiri dari campuran 75% kapas dan 25% kain sutra.
6. Seberapa tahan sih mata uang dolar AS
Seperti yang disebutkan diatas, data yang diambil dari data percetakan uang AS. Sekitar 4000 lipatan ganda yang harus Anda lakukan sebelum akhirnya bisa benar-benar robek.
7. Dolar AS dapat menyebabkan sakit
Tahun 2002 studi menemukan bahwa 94 persen telah terkontaminasi dengan bakteri (kebanyakan jinak) oleh dolar dan tujuh persen dengan patogen yang berbahaya. Ternyata diketahui, dolar AS yang sudah kumal ada bakteri Salmonella dan E.coli.
8. Dolar AS banyak yang palsu
Di tahun 1865, secret service pengawal elite Presiden AS juga sampai diturunkan untuk melawan uang palsu. Pada waktu itu, sekitar sepertiga dari dolar AS dianggap uang palsu. Pecahan dolar $20 dan $100 merupakan uang yang banyak dipalsukan.
9. Mata uang dolar AS terkontaminasi dengan kokain
Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa hampir 90 persen dari dolar AS telah terkontaminasi oleh zat berbahaya berjenis kokain.
10. Uang dolar AS meskipun sudah sobek masih dapat ditukarkan.
Seperti yang dirilis oleh US Bureau of Engraving dan pencetakan AS akan meredeem dolar AS kembali selama Anda masih memiliki setengah dari sobekan utamanya.RupiahQq

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...