Friday, November 16, 2018

8 Fakta Menstruasi Pria Wajib Tau

Menstruasi
1. Bukan hanya sekadar darah
Para wanita tentu saja sudah tahu tentang hal ini, tapi kebanyakan pria tidak tahu apa saja yang terjadi saat wanita menstruasi.
Setiap bulan, endometrium, atau dinding rahim wanita mengalami peluruhan. Selama siklus menstruasinya, dinding ini akan menebal untuk mempersiapkan diri menerima telur yang sudah dibuahi.

2. Pengaturan waktu bisa meningkatkan potensi kehamilan
Pelajaran biologi dasar: untuk bisa hamil, telur wanita harus bertemu dengan sperma pria. Hal ini hanya bisa terjadi pada saat ovulasi, yaitu ketika telur lepas bebas dari ovarium.
Kapan tepatnya seorang wanita berovulasi tergantung pada panjang siklusnya atau banyaknya hari di antara periode menstruasinya. Jika wanita pasangan Anda memiliki rata-rata 28 hari antara menstruasinya, dia biasanya akan berovulasi pada hari ke-14.

3. Wanita bisa tetap bisa hamil saat menstruasi
Pernah mendengar bahwa berhubungan seks saat wanita menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan? Itu hanyalah mitos. Menurut Nathaniel DeNicola, M.D., seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine, tidak semua wanita memiliki siklus yang teratur.
Seorang wanita dengan siklus yang pendek, misalnya, bisa langsung berovulasi langsung setelah dia selesai menstruasi. Jadi ketika Anda berdua berhubungan seks pada hari terakhir menstruasinya, kemungkinannya sperma Anda akan berada cukup lama sampai telurnya dilepaskan. Yang tentunya, dapat menyebabkan kehamilan.

4. Wanita masih bisa "menstruasi" saat hamil
"Bukannya tidak mungkin untuk mengalami menstruasi, pada saat dia meluruhkan dinding rahimnya, sekaligus mengalami kehamilan pada waktu yang sama," ujar Dr. DeNicola. "Tapi, sangatlah mungkin untuk melihat bercak darah (spotting), yang mungkin terlihat seperti darah menstruasi saat kehamilan."
Menurut suatu penelitian pada tahun 2012 di Tiongkok, 24 persen wanita dilaporkan mengalami pendarahan pada trimester pertama mereka. Ini bisa disebabkan oleh penanaman telur yang sudah dibuahi pada rahim, atau perubahan hormon sehubungan kehamilan.


5. Keram memang benar-benar menyakitkan
Suatu penelitian dari Italia menemukan, lebih dari 80 persen wanita muda melaporkan mengalami keram saat menstruasi. Dan kira-kira satu dari tiga wanita mengalami rasa sakit yang sangat hebat sampai-sampai mereka tidak bisa bekerja atau keluar rumah.
Ketika menstruasi seorang wanita dimulai, level suatu zat kimia yang bernama prostaglandin meningkat, ujar Dr. Bradley. Hal ini bertujuan untuk membantu rahim berkontraksi untuk meluruhkan dindingnya.

6. PMS itu nyata
Jika tiba-tiba wanita Anda menjadi lebih pemarah, cobalah menghindari membuat lelucon sehubungan dengan sindrom pra menstruasi (PMS). Sindrom pra menstruasi biasanya terjadi kira-kira satu minggu sebelumnya, dan bisa membuat wanita merasa "berantakan".
Para peneliti tidak mengetahui apa sebenarnya penyebab PMS, tapi sepertinya hal ini berhubungan dengan meningkat drastisnya kadar hormon estrogen dan progesteron di tubuh.

Menstruasi

7. Ovulasi bisa meningkatkan gairah wanita
Menurut suatu penelitian di Kanada, wanita berfantasi seksual lebih sering ketika mereka berovulasi dibanding periode lainnya pada siklus mereka--dan mereka dilaporkan juga merasa lebih terangsang akibat fantasi tadi.

8. Menstruasi bisa membuatnya tak ingin bercinta--atau jadi sangat ingin
Ketika menstruasinya dimulai, kadar hormon estrogen dan progesteron--yang dikaitkan dengan simptom PMS seperti suasana hati buruk, senewen, dan payudara sensitif--menurun. Hasilnya, suasana hati wanita biasanya jadi lebih baik.RupiahQq

No comments:

Post a Comment

10 Fakta Claudia Kim, Aktris Korea Pemeran Nagini di Fantastic Beasts

1. Inilah first impression Nagini, maledictus yang muncul di Fantastic Beasts 2 dok. Warner Bros. Pictures 2. Tokoh penting ini diperan...